fbpx
 

Cara Cerdas Penggunaan Energi di Rumah

Cara Cerdas Penggunaan Energi di Rumah

Masalah energi sangat berpengaruh terhadap kehidupan urban, seperti Jakarta. Oleh karena itu, mari kita mulai melakukan langkah-langkah penghematan energi sekaligus menggunakan produk rumah tangga yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Nah, berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa membantu Anda menghemat energi.

  1. Pemilihan Air Conditioner (AC) Inverter

Teknologi AC inverter yang hemat energi ini mulai banyak dipilih karena berdampak penurunan harga bayar listrik menjadi benar-benar bisa 40%, kontras dari sebelum menggunakan AC non hemat energi.

Penggunaan AC juga harus memperhatikan waktu dan desain ruangan. Secara prinsip, ruangan yang baik seharusnya memiliki sirkulasi udara alami yang baik. Penggunaan AC bisa dikurangi dan penggunaan energi bisa dilakukan dari ruang terkecil aktivitas kita.

  1. Pilih Mesin Cuci Berteknologi Low Watt

Selain AC, barang elektronik lain yang banyak mengkonsumsi listrik adalah mesin cuci. Apapun pilihan mesin cuci Anda, pastikan untuk memilih yang memiliki teknologi low watt. Karena baik mesin cuci maupun fitur pengering mesin cuci sangat menyedot banyak listrik.

  1. Ganti Lampu Biasa dengan Lampu LED

Meskipun lampu LED lebih mahal daripada lampu biasa, namun lampu jenis ini sangat efisien.

Lampu hemat energi jadi jauh lebih awet karena panas yang dihasilkannya tak besar, hingga umur material lampu jadi lebih tahan lama.

  1. Kulkas yang Hemat Energi

Kulkas jenis ini biasanya ada label hemat energi atau kulkas diberi keterangan low watt. Sehingga Anda bisa lebih menghemat energi listrik yang terpakai di rumah.

  1. Setrika Hemat Listik

Tidak ada salahnya mulai menghemat energi dari hal terkecil dalam kegiatan sehari-hari di rumah Anda. Beragam setrika model baru sudah dilengkapi fitur pengontrol suhu otomatis, yang membantu anda menurunkan konsumsi listrik.

  1. TV LED untuk Penghematan Listrik

TV LED kini menjadi tawaran yang menarik untuk dibeli, menggantikan TV tabung menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi LCD. Secara tak langsung, teknologi TV LED tentu saja membantu mengurangi produksi limbah pembuatan plastik.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.