fbpx
 

Green Lifestyle, Gaya Hidup Ramah Lingkungan ?

Green Lifestyle, Gaya Hidup Ramah Lingkungan ?

Untuk menjaga lingkungan di kota Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengeluarkan aturan yang mewajibkan pihak penyelenggara acara untuk membersihkan sampah yang mereka hasilkan atas digelarnya suatu acara di Pontianak.

“Setiap penyelenggara acara, baik itu yang digelar oleh pihak pemerintah, swasta, atau masyarakat harus bertanggungjawab dengan sampah yang mereka hasilkan,” kata Kepala DLH Pontianak, Sri Sujiarti di Pontianak.

Sikap memperhatikan lingkungan dalam kehidupan kita sudah ditunjukan dengan banyaknya kesadaran gerakan go green atau gaya hidup hijau. Ini adalah satu cara menjalani hidup dengan cara sadar lingkungan dan memperhatikan apa yang sedang terjadi di sekitar kita, seperti dampak yang timbul di lingkungan kita.

Penyebab kerusakan lingkungan sebagian besar disebabkan oleh manusia. Akibatnya, kita mengalami apa yang sedang terjadi saat ini, yakni dampak global warming.

Gerakan gaya hidup hijau tidak mengenal batasan usia, bias dimulai sejak usia dini. Gaya hidup hijau perlu diterapkan dimana saja dalam keseharian kita termasuk di rumah, kantor, saat makan di luar, saat belanja dan di sekolah.

Gaya hidup hijau ini mengajak manusia untuk sadar dan ikut menjaga lingkungan dalam kehidupannya. Berikut ini contoh gaya hidup hijau yang mudah untuk diterapkan.

Kurangi Penggunaan Plastik

Jika mengurangi pemakaian plastik dan menggantinya dengan tas re-use, hal ini membantu mengurangi sampah plastik yang bisa mencemarkan lingkungan khususnya laut.

Gunakan Botol Minum Re-Use

Dengan menggunakan botol minum yang reusable atau dapat digunakan berkali-kali, kita tidak perlu lagi menggunakan botol plastik air kemasan sekali pakai.

Matikan Listrik yang Tidak Diperlukan

Meski kedengaran klise, tapi tindakan kecil ini berdampak besar bagi bumi. Mematikan listrik yang tidak diperlukan sama dengan menghemat energi yang terbuang.

Kurangi Makan Daging

Terlalu banyak makan daging akan mempengaruhi suhu bumi. Kenapa? Peternakan menimbulkan ancaman tiga kali lipat terhadap atmosfer dari gas metana yang dihasilkan dalam jumlah besar. Peternakan pun dapat merusak hutan penyerap karbon atas upaya membuka lahan. Energi dan sumber vitamin tidak hanya didapatkan dari daging. Sayur-sayuran dan buah-buahan menjadi pilihan yang lebih baik untuk tetap menjaga stamina tubuh dan konsentrasi.

Cerdas Mengurangi Penggunaan Kertas

Biasakan menggunakan kertas dua sisi. Atau gunakan notepad atau aplikasi notes yang ada di gadget. Kala membuka amplop pun upayakan tidak merobeknya, sehingga bisa digunakan kembali.

Gaya hidup hijau tergolong sederhana, bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dan tidak perlu standar khusus. Masing-masing orang bisa menjalankan gaya hidup hijau dengan cara yang diinginkannya dengan memperhitungkan pengaruh tindakannya terhadap lingkungan.

Yuk, kita mulai!

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.