fbpx
 

Pastikan Hal Berikut Saat Anak Belajar Dari Rumah

Pastikan Hal Berikut Saat Anak Belajar Dari Rumah

Selama masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sekolah maupun perguruan tinggi menerapkan pembelajaran dari jarak jauh atau secara online. Tugas-tugas diberikan secara online menggunakan beragam aplikasi yang tersedia.

Namun, aktivitas belajar dari rumah tak sepenuhnya mudah. Belajar di rumah penuh tantangan seperti tergoda untuk rebahan, menonton televisi, dan lainnya. Di balik efektivitas kegiatan belajar di rumah, anak-anak juga sering merasa jenuh sehingga membuat orang tua terkadang justru kewalahan untuk menyiasati keadaan agar tetap kondusif.

Oleh karena itu, pentingnya menghadirkan suasana hunian yang lebih ramah anak sekaligus kondusif untuk belajar di rumah. Meskipun tinggal di rumah, bukan berarti Anda tidak bisa membuat suasana yang nyaman untuk anak dirumah.

Lantas bagaimana caranya agar anak tetap nyaman dan tidak stres selama belajar di rumah?

  1. Buat jadwal belajar

Dengan membuat jadwal belajar yang jelas dan terstruktur setiap harinya bisa membuat anak lebih fokus dalam belajar. Anak akan terbiasa bahwa dalam jangka waktu tersebut adalah waktu untuk belajar walaupun proses pembelajaran dilakukan di rumah.

  1. Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

Sediakan area khusus untuk belajar. Ruangan khusus belajar bisa membuat anak merasa nyaman dan merasa seolah-olah ia sedang berada di sekolah. Sehingga aktivitas belajar pun menjadi lebih menyenangkan. Misalnya, dengan menyiapkan tempat duduk dan meja yang diletakan di salah satu bagian rumah Anda agar saat masuk jam belajar anak bisa langsung duduk di meja belajar.

 

 

 

  1. Pastikan koneksi internet baik

Untuk menyiapkan segala materi pembelajaran secara online, hal yang mesti diperhatikan saat belajar dari rumah adalah koneksi internet. Koneksi internet yang baik akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan guru saat proses belajar online berlangsung.

  1. Jauhkan benda yang membuat anak kurang fokus

Belajar di rumah pasti tak akan luput dari gangguan-gangguan yang membuat anak kurang fokus. Gangguan bisa datang dari televisi, mainan, maupun handphone. Saat ini berlangsungnya jam belajar, jauhkanlah akses ke benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi anak.

  1. Pastikan ruangan punya pencahayaan maksimal

Supaya mata tidak terganggu, perhatikan pencahayaan dirumah untuk belajar. Jangan sampai ruanganmu minim pencahayaan karena jika kurang pencahaya maka mata akan bekerja keras untuk melihat sehingga lama kelamaan akan membuat mata cepat letih dan mengantuk lebih cepat. Pilihlah ruang pada rumah Anda yang mendapat pencahayaan maksimal dan nyaman.

Untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan tenang untuk anak-anak belajar tidak hanya dari faktor fisik rumah. Namun hendaknya juga bebas dari suara hiruk pikuk dan kebisingan lingkungan sekitar yang bisa mendistraksi si Anak saat belajar. Mempunyai sirkulasi dan pencahayaan yang cukup. Sehingga nyaman dan tenang untuk aktivitas belajar anak di rumah.

Suasana hunian tenang dan nyaman untuk anak dan seluruh keluarga bisa Anda dapatkan di Green Synthesis Pontianak yang dikelilingi oleh taman terbuka hijau, pepohonan menyejukan, akses privasi dan fasilitas lengkap di area perumahan eksklusif.

Semakin menambah kenyamanan untuk tetap dirumah, dengan tersedianya club house dengan fasilitas lapangan bulu tangkis, swimming pool, sauna, whirpool dan playground di Green Synthesis Pontianak bisa menjadi preferensi bagi anak Anda untuk melepas jenuh dari proses belajar online di masa transisi PSBB seperti saat ini.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.